Tips Menghadapi Masalah MENOPAUSE

Sumber: Cure Media, Panduan Perkumpulan Rumah Sakit Indonesia

Tidak mudah menjadi tua, terutama bagi perempuan. Setelah menopause, ancaman berbagai penyakit muncul. Masalah-masalah kesehatan itu terutama berhubungan dengan penurunan kadar estrogen dalam tubuh. Karena itu, Menjalankan diet makan sehat dan berolah raga pada masa Menopause merupakan hal yang sangat penting.

Kebanyakan wanita tidak memerlukan perawaatan khusus dalam menghadapi menopause. Tetapi pada beberapa wanita gejala-gejala tersebut dapat mengganggu dan memerlukan perawatan / pengobatan. Ada beberapa pilihan untuk menghadapi masalah menopause ini, tetapi sebelum menentukan pilihan konsultasikanlah dengan Dokter Anda untuk menentukan yang terbaik bagi Anda. Yang dapat memberikan nasehat yang paling tepat adalah dokter Anda, jadi jangan ragu untuk mendapatkan nasihat dari Dokter Anda.

Beberapa pilihan yang tersedia untuk menghadapi masalah menopause :

Hormone therapy (HT) – Apabila digunakan secara tepat, HT dapat menjadi salah satu cara untuk mengatasi masalah menopause yang sulit, salah satunya rasa panas dan keringat malam, juga kekeringan pada vagina. Perlu diketahui bahwa Terapi Hormon ini tidak untuk digunakan untuk keluhan-keluhan lain seperti penyakit jantung atau tulang, stroke, penurunan daya ingat, atau penyakit Alzheimer. Banyak jenis dari terapi hormon dan mintalah nasihat dokter untuk pilihan yang paling tepat bagi Anda.

Seperti juga perawatan lainnya, terapi hormone juga memiliki beberapa resiko disamping keuntungan yang didapat. Terapi Hormon dapat membantu mengatasi masalah menopause dengan :

  • Mengurangi rasa panas dan keringat malam.
  • Mengatasi kekeringan pada vagina
  • Memperlambat berkurangnya massa tulang
  • Memperbaiki kualitas tidur dan karenanya mengurangi perubahan emosi yang naik turun.

Namun begitu, untuk beberapa wanita Terapi Hormon juga dapat menaikkan resiko mereka terkena :

  • Penyumbatan darah
  • Serangan jantung/stroke
  • Kanker payudara
  • Masalah pada kandung kemih.

Sekali lagi, bicarakanlah pilihan ini dengan dokter Anda, perlengkapi pengetahuan Anda mengenai jenis pilihan ini dan kenali resiko-resikonya. Jangan ragu untuk bertanya mengenai keraguan yang terkecil pun kepada dokter Anda sebelum memulai perawatan.

PILIHAN PERAWATAN YANG ALAMI UNTUK MENOPAUSE

Beberapa wanita merasa lebih nyaman untuk menggunakan pilihan yang lebih alami seperti jamu atau produk alam lainnya seperti :

Kedelai, Kedelai mengandung phytoestrogens (bahan kimia yang mirip dengan estrogen). Namun, belum dapat dibuktikan bahwa kedelai dapat mengatasi masalah rasa panas atau keringat malam. Resikonya juga belum diketahui. Sumber kedelai yang terbaik terdapat pada tahu, tempe, susu kedelai dan kacang kedelai.

Sumber phytoestrogens lain, Seperti black cohosh, ubi liar (wild yam), dong quai, dan akar valerian (valerian root). Produk yang berasal dari tumbuh-tumbuhan kedengarannya memang aman, namun produk ini belum terbukti secara tuntas keamanannya. Belum juga dapat dibuktikan bahwa produk ini benar dapat mengatasi problem menopause. Untuk amannya, diskusikan dan tanyakan kepada dokter Anda sebelum menggunakannya.

Menjalankan diet makan sehat dan beerolah raga pada masa menopause merupakan hal yang sangat penting.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pemahaman tentang hal ini, dapat dibaca di majalah gratis Sehat Indonesiaku yang akan diterbitkan pada penghujung tahun 2012.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s