Apa Itu CT-Scan & MSCT-Scan ?

Sumber: Newcastle University Institute of Health and Society, Rumah Sakit MRCCC Siloam Semanggi & Rumah Sakit Gading Pluit

Computer Tomography

Computer Tomography (CT) merupakan alat diagnostik radiologi yang menggunakan komputer untuk melakukan rekonstruksi data dari daya serap suatu jaringan atau organ tubuh tertentu yang telah ditembus oleh sinar X sehingga terbentuk gambar. Gambaran yang didapat menunjukan detail dari organ, tulang and jaringan lain. Prosedurnya sering disebut sebagai CT scan atau dengan nama lain Computerized Aaxial Tomography (CAT).

CT-Scan mampu mendeteksi secara dini dan menunjukan lokasi tumor secara baik, serta dapat menentukan ukuran tumor dengan akurat. Hal ini sangat membantu dalam evaluasi pasien yang menjalani terapi atau operasi. Sebagai teknik diagnostik yang penting, penggunaan CT scan telah meningkat pesat dalam 10 tahun terakhir, terutama di Amerika Serikat, kata para peneliti.

Apa Kegunaan CT?

CT scan digunakan untuk:

  •  Deteksi atau konfirmasi adanya pendarahan.
  •  Deteksi atau konfirmasi adanya tumor.
  •  Memberi informasi tentang ukuran dan lokasi tumor
  •  Pencerahan radioterapi dan operasi
  •  Memberi informasi tentang penyebaran kanker (metastasis)
  •  Memberi informasi tentang respon pengobatan
  •  Dapat mengetahui anatomi pembuluh darah dan kelainannya.
  •  CT whole body dapat memberi gambaran dari seluruh tubuh mulai dari kepala sampai kaki.

MSCT-Scan 64 Slice

Gambar yang dihasilkan oleh alat ini sangat jelas dan mendetil, sehingga pasien tidak perlu disinar berkali-kali, karena sekali penyinaran menghasilkan 64 gambar dengan rotasi 0,33 detik dan waktu pemeriksaan sangat singkat. Sebagai contoh, pada pemeriksaan jantung pasien cukup menahan nafas hanya selama 10-13 detik. Hal ini sngat berarti untuk pasien yang menderita sakit.

  • Dengan resolusi gambar yang tinggi, CT-Scan kami dapat digunakan untuk mengevaluasi pembuluh darah secara non invasif, seperti pada pembuluh darah jantung koroner, pembuluh darah aorta, otak dan lain-lain. Disamping itu alat ini dapat juga digunakan untuk:
  • Pemeriksaan usus besar tanpa harus memasukan alat ke dalam usus yang diperiksa (CT Coloscopy).
  • Evaluasi ukuran benjolan atau tumor paru, baik jinak atau ganas, secara 3D dengan akurat yang berguna untuk tindakan perawatan lanjut (Lung Care).

Persiapan apa yang dibutuhkan sebelum periksa CT?

Khusus untuk CT yang menggunakan bahan kontras, maka dianjurkan untuk puasa 4-6 jam sebelumnya. Kontras dapat diberikan dalam bentuk oral, suntikan intra vena atau melalui anus.

  • Tidak semua pemeriksan CT-Scan memerlukan persiapan khusus. Seperti untuk pemeriksaan kepala, pasien dapat datang langsung kebagian Radiologi.
  • Pada pemeriksaan CT-Scan yang menggunakan zat kontras (antara lain pembuluh darah jantung), sebaiknya pasien tidak makan terlalu kenyang ± 6 jam sebelumnya untuk mendapatkan hasil yang optimal.
  • Pada pemeriksaan CT-Scan yang memerlukan persiapan khusus, sebaiknya pasien menghubungi bagian Radiologi untuk petunjuk pelaksaan dan penjadwalan pemeriksaan
  • Seluruh hasil laboratorium dan foto-foto sebelumnya sebaiknya dibawa pada saat pemeriksaan CT-Scan.

Apa yang terjadi selama pemeriksaan?

  • Pasien diminta berbaring diatas meja CT-Scan, lalu petugas mengatur posisi badan pasien bisa terlentang, tengkurap atau kesamping agar bagian tubuh yang akan diperiksa berada dalam posisi yang tepat.
  • Meja kemudian akan digerakan masuk ke dalam alat CT·
  • Pasien akan mendengar suara dari mesin CT-Scan dan meja akan bergerak selama beberapa detik sampai pemeriksaan selesai.
  • kadang kala pasien diminta untuk menahan pernapasan sejenak agar mendapat gambaran yang lebih jelas
  • Selama pemeriksaan, pasien berada dibawah pemantauan petugas dan dapat berkomunikasi dengan petugas.
  • Lama pemeriksaan biasanya bervariasi antara 15-30 menit
  • Setelah pemeriksaan selesai, pasien boleh pulang atau kembali ke ruangan bila sedang dirawat di rumah sakit. Pasien boleh makan dan minum seperti biasa, kecuali ada pemeriksaan lain atau pantangan yang dianjurkan oleh dokter.
  • Setelah pemeriksaan dengan kontras, pasien sebaiknya minum air putih lebih banyak.
  • Pasien akan mendapat foto hasil pemeriksaan MSCT-Scan dan 1 buah CD sebagai dokumen.

Apakah ada resiko yang berkaitan dengan MSCT-Scan?

CT-Scan adalah alat penunjang diagnostik untuk mengetahui penyakit pasien dan telah diterima secara luas di seluruh lingkup kedokteran. Pada wanita hamil, pemeriksaan CT-Scan tidak boleh dilakukan pada daerah kandungan, tetapi pada daerah kepala dan leher masih dimungkinkan dengan memberi perlindungan khusus pada daerah perut.

Bahaya Radiasi, Apakah CT-Scan aman?

Radiasi yang dibutuhkan memang lebih besar daripada pemeriksaan rongten biasa. Tapi manfaat dari pemeriksaan untuk mengetahui kelainan lebih besar dibandingkan jumlah radiasinya. Kadang kala ada pasien yang alergi terhadap kontras yang digunakan, namun hal tersebut dapat diatasi dengan baik dan cepet oleh dokter. CT sebaiknya tidak dilakukan pada wanita hamil.

Selain itu, Penggunaan alat pemindaian (scan) yang memancarkan radiasi khususnya pada anak-anak ternyata berpotensi menimbulkan dampak cukup serus.  Anak-anak yang terpapar CT scan bisa sampai tiga kali lebih besar risikonya mengidap kanker darah, otak atau tulang di kemudian hari. Demikian hasil temuan terbaru tim peneliti dari Kanada, Inggris dan Amerika Serikat yang  dipublikasikan dalam The Lancet Medical Journal.

Para peneliti menegaskan, risiko kanker secara absolut tampaknya sangat kecil. Meski begitu, mereka merekomendasikan supaya dosis radiasi dari CT scan yang diberikan pada anak sebaiknya seminimum mungkin.

“Yang terpenting bahwa saat CT scan digunakan, prosedur ini sepenuhnya dibenarkan dari perspektif klinis,” kata Mark Pearce pemimpin studi dari Newcastle University Institut of Health and Society.

Prosedur CT scan atau metode diagnosis dengan menggunakan x-ray (sinar X) juga mungkin saja menimbulkan risiko tambahan bagi pasien obesitas dan kelebihan berat badan. Pasalnya, orang dengan obesitas akan mendapatkan paparan radiasi lebih banyak daripada orang dengan berat badan normal. Mereka yang bertubuh gemuk atau tambun memang membutuhkan dosis radiasi yang lebih besar untuk dapat menghasilkan gambar CT scan.

Apa perbedaan CT-Scan dengan MRI?

Kadang-kadang masyarakat sulit membedakan hasil gambar yang dihasilkan oleh kedua pemeriksaan ini. Bedanya CT-Scan menggunakan sinar X sedangkan MRI menggunakan teknik medan magnet dan radio frekensi.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pemahaman tentang hal ini, dapat dibaca di majalah gratis Sehat Indonesiaku yang akan diterbitkan pada Penghujung tahun 2012.

About these ads

13 comments on “Apa Itu CT-Scan & MSCT-Scan ?

  1. Terima Kasih atas response-nya, untuk hasil yang lebih akurat, sebaiknya dilakukan pemeriksaan MRI untuk bagian otak, dan pemeriksaan CT Scan untruk bagian paru. Kiranya bisa dishare info majalah sehatku ke rekan-rekan anda. Terima Kasih dan salam sehatku!

  2. dear,
    apakah dengan msct 64 bisa mendeteksi tumor ganas atau jinak atau hanya mengetahi letak ukuran dan penyebaran secara detil, dan penyakit ttp haris melalui operasi biopsi? mohon balasan terimakasih

  3. Terima Kasih atas pertanyaannya Sdr. Astuti, menurut pakar kedokteran nuklir kami, Untuk Tumor Ganas / Besar bisa dideteksi dengan MSCT 64 sementara untuk tumor jinak cara mendeteksi hanya bisa dilihat dengan PET Scan. Biopsi dilakukan untuk menentukan jenis sel kanker yang bersangkutan.

    Demikian jawaban kami, semoga kiranya dapat membantu. Salam Sehat Indonesiaku!

  4. maaf saya ingin bertanya, saya sering mengalami sakit kepala berat, beberapa bulan ini saya sering mengalami kehilangan keseimbangan, muntah, pingsan, gangguan penglihatan dan pendengaran. apa yang harus saya lakukan?, apakah saya harus CT-Scan atau EEG?. mohon balasannya, terima kasih.

    • Terima Kasih atas perhatiaan Pa Ayril

      Dari gejala yang dialami Anda dianjurkan agar konsultasi dengan dokter spesialais Neurologi (SpS = Spesialis syaraf) sebagai dokter yang menentukan pemeriksaan diassnostik yang tepat.

      Dokter spesialis syaraf bisa dijumpai dirumah sakit yang berdekatan dengan tempat tinggal Anda

      Semoga informasi yang sedikit ini bisa bermanfaat bagi Anda dan orang disekitar Anda

      Salam Sehat Indonesiaku

  5. Saya kbentur d kpla bargain kiri sehingga mnybabkan pkiran ksosong n pingsan ,apkh prlu d lkukan ct -scan kpla?trmksh sblmnya mhon blsannya …

    • Terima kasih atas perhatian Bu Riri

      Sebaiknya segera konsultasikan ke dokter ahli Neurologi/syaraf, dokter yang bergelar SpS… mohon agar dapat diobati dengan cepat sesuai dengan diagnosa yang tepat oleh ahli yang tepAT juga.

      Mohon sekiranya informasi yang singkat ini bisa membantu Anda dan orang disekitar Anda

      Salam Sehat Indonesiaku

    • Terima kasih atas perhatian Bu Vina

      Sebaiknya konsultasikan dengan dokter ahli untuk di diagnosa lebih lanjut, bisa kebagian Neurologi FKUI RSCM atau RS Otak Cawang Jakarta, keduanya milik pemerintah dan memiliki team dokter ahli

      Semoga penjelasan singkat ini bisa bermanfaat bagi Anda dan orang disekitar Anda

      Salam Sehat Indonesiaku

  6. kakak saya minggu lalu, tiba2 kejang2 dan pingsan..setelah siuman tidak mengenal dirinya ataupun keluarga, dan dokter hanya melakukan ct-scan saja,dr hasil tsb menyimpulkan pendarahan di otak, karena kejadian bukan dijkarta (pasien sdg berada disitu krn ada urusan)maka dirawat dirmh sakit daerah tsb, tetapi hingga kini masih merasakan sakit kepala terus, namun sudah ada perubahan bs mengenal anak, suami dan keluarga namun blm semuanya, bagaimana solusinya..? karena dokter disana tidak memperbolehkan dibawa k jkt (naek pesawat)

    • Terima kasih atas perhatian Bu Ester

      Mohon bantuannya agar dr. yang merawat dapat kurangi melakukan konsultasi televideo conference dengan Tim dokter bedah saraf & dokter dari RS otak cawang Jakarta, sehingga keluarga puas mendengarkan pendapat lain (2nd opinion)

      Somoga saran yang sikat ini bisa bermanfaat
      Salam Sehat Indonesiaku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s