Pentingnya Medical Check Up Secara Rutin


Sumber: Dr. Dyah R. Amiranti, M.Kes & RSUP Fatmawati

Kesehatan penting artinya bagi kehidupan setiap orang, karena semua aktivitas kehidupan kita bergantung pada kondisi tubuh yang sehat. Banyak orang akan selalu berusaha agar kondisi kesehatan tubuhnya tetap dalam kondisi optimal dan prima, namun tidak sedikit pula orang yang sama sekali atau bahkan bisa dikatakan kurang menghiraukannya. Kenyataan yang tidak dapat dihindari adalah kesehatan yang dimiliki seseorang saat ini tidak mungkin dapat bertahan selamanya. Gangguan kesehatan dapat timbul karena pola hidup, faktor makanan, pengaruh lingkungan atau karena faktor keluarga (keturunan).

Ibarat pepatah “lebih baik mencegah daripada mengobati” alangkah baiknya bila kita bisa meng-antisipasi gangguan kesehatan dan melakukan upaya-upaya yang benar dalam mencegah timbulnya gangguan kesehatan itu. Penyakit-penyakit seperti penyakit jantung, paru, diabetes (kencing manis) dan ginjal pada dasarnya dapat dideteksi secara dini, dan bila sudah terdeteksi maka masih banyak cara agar penyakit tersebut tidak timbul atau bahkan tidak menjadi lebih berat.

Jadi tidak merasa sakit belum tentu sehat, dan mengobati atau mencegah penyakit sebelum menjadi lebih berat akan lebih mudah juga lebih murah. Disinilah manfaat utama dari dilakukannya medical check up, untuk mendeteksi gangguan kesehatan sedini mungkin dan memberikan informasi yang dibutuhkan untuk pengobatan selanjutnya.

Fasilitas medical check up ini ditangani oleh Tim Medis, Dokter Spesialis dalam berbagai bidang secara terpadu dan profesional, dilengkapi sarana pemeriksaan penunjang medik yang menyajikan hasil akurat dan dipercaya, sejak dari penanganan pertama hingga laporan kesehatan terakhir yang tercantum dalam buku kesehatan yang akan diserahkan pada pasien.

Ada 8 paket Medical Check Up (MCU) yang biasa dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kepentingan pelanggan di berbagai Rumah Sakit di Indonesia, yaitu :

1. Pemeriksaan Kesehatan Calon Pegawai

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, dan urin lengkap.

2. Pemeriksaan Kesehatan Dasar Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan dan tindakan pap smear.

3. Pemeriksaan Kesehatan Standar Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada dan USG abdomen (perut dan isinya) oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus dan buta warna oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan dan tindakan pap smear.

4. Pemeriksaan Kesehatan Lengkap Laki-laki/Perempuan

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter spesialis penyakit dalam; dokter gigi, dokter spesialis syaraf, foto rontgen dada, panoramic, dan USG abdomen oleh oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus, buta warna, tonometri, dan funduscopy oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; audiometri oleh dokter spesialis THT; pemeriksaan laboratorium darah lengkap,fungsi hati lengkap, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah,VDRL dan TPHA untuk penyakit sifilis, HBsAg, Anti HBsAg, dan Anti HCV untuk penyakit hepatitis, feses lengkap, dan urin lengkap. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan, mammografi, dan tindakan pap smear.

5. Pemeriksaan Kesehatan Eksekutif Laki-laki/Perempuan.

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter spesialis penyakit dalam; dokter gigi, dokter spesialis syaraf, foto rontgen dada, panoramic, dan USG abdomen oleh dokter spesialis radiologi; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; anuscopy oleh dokter spesialis bedah; visus, buta warna, tonometri, dan funduscopy oleh dokter spesialis mata; spirometri oleh dokter spesialis paru; audiometri oleh dokter spesialis THT; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, fungsi hati lengkap, fungsi ginjal, gula darah, lemak darah, VDRL dan TPHA untuk penyakit sifilis, HBsAg, Anti HBsAg, dan Anti HCV untuk penyakit hepatitis, feses lengkap, dan urin lengkap, dan pemeriksaan AFP, CEA, PSA, CA 15-3, CA 12-5 untuk mengetahui jika ada tumor. Untuk perempuan ditambah pemeriksaan kandungan oleh dokter spesialis kebidanan; mammografi, dan tindakan pap smear.

6. Pemeriksaan Kesehatan Jantung

Pemeriksaan yang ditujukan bagi mereka yang berusia di atas 30 tahun, telah memiliki salah satu faktor risiko, seperti hipertensi, diabetes millitus (penyakit gula / kencing manis), kolesterol darah yang tinggi, perokok, obesitas (kegemukan), atau memiliki riwayat keluarga sakit jantung koroner. Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; foto rontgen dada; rekam jantung dan test treadmill oleh dokter spesialis jantung dan pembuluh darah; pemeriksaan laboratorium darah lengkap, gula darah, urin dan feses lengkap, fungsi ginjal, dan lemak darah.

7. Pemeriksaan Kesehatan Pra Nikah

Pemeriksaan ini dilakukan untuk calon suami dan istri yang hendak menikah dan meliputi pemeriksaan jasmani oleh dokter; foto rontgen dada, gula darah, VDRL untuk mengetahui penyakit sifilis, HBsAg dan Anti HBsAg untuk mengetahui penyakit hepatitis, TORCH pada wanita untuk mengetahui penyakit infeksi yang dapat berakibat buruk pada janin jika hamil, penyakit yang diturunkan dan pemeriksaan sperma untuk pria.

8. Pemeriksaan Kesehatan Anak

Pemeriksaan yang dilaksanakan, meliputi pemeriksaan dokter spesialis anak; foto thorax; dan pemeriksaan laboratorium darah lengkap, golongan darah, dan urin lengkap.

Untuk menentukan pemeriksaan medical check up mana yang akan dipilih, tentunya disesuaikan dengan kebutuhan. Sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter, agar pemeriksaan tepat sasaran dan bermanfaat untuk pengobatan lebih lanjut.

Kesehatan adalah aset yang paling berharga dan dapat menjadi sesuatu yang sangat mahal harganya saat kita jatuh sakit serta kita menyadari sudah tidak dapat lagi meraihnya. Jadi, apalagi yang ditunggu, mari segera periksa kesehatan Anda.

Untuk Informasi lebih lanjut mengenai pemahaman tentang hal ini, dapat dibaca di majalah gratis Sehat Indonesiaku yang akan diterbitkan pada penghujung tahun 2012.

About these ads

2 comments on “Pentingnya Medical Check Up Secara Rutin

  1. Pingback: MCU (Medical Check Up) | [ Part of my Life ]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s