Lima Unsur Gizi Utama

images (35)

Sumber; Andang W Gunawan 

Menjadi sehat dan lansing memang impian banyak orang, tetapi kadang kala seseorang melakukan diet tidak sehat, bertahan sebentar dan bahkan tanpa memikirkan kebutuhan gizi bagi tubuh. Di artikel sebelumnya dijelaskan mengenai food combining yang menjadikan tubuh tetap ideal dan sehat, untuk itu tubuh membutuhkan lima unsur gizi utama yaitu gula pati, protein, asam dan lemak yang seimbang.

1. Gula

images (36)Gula adalah salah satu bentuk karbohidrat, banyak anggapan semua karbohidrat tidak baik untuk kesehatan akibatnya banyak diet yang menghindari karbohidrat terutama untuk penderita obesitas dan diabetes. Karbohidrat yang tidak sehat adalah karbihidrat yang diproses sedemikian rupa sehingga sebagian besar zat-zat gizi alaminya rusak atau hilang.

Gula dikelompokan sebagai gula tunggal (monosakarida) dan gula ganda (disakarida). Gula alami terdapat pada madu alami, buah-buahan segar, susu ternak segar. Sedangkan gula olahan terdapat pada gula dan aneka produk olahan seperti permen, sirup dan selai. 

2. Pati

Meskipun sama-sama karbohidrat, pross penguraian gula dan pati masing-masing berbeda, gula memiliki rantai molekul pendek sehingga bisa langsung dicerna dan diserap tubuh sedangkan pati memiliki rantai molekul yang leboih panjang dan rumit sehingga harus diuraikan dulu menjadi bentuk gula sederhana agar lebih mudah dicerna dan diserap.

Pati alami kaya vitamin, mineral, serat, dan zat-zat penting lain dan banyak terdapat pada beras merah dan biji-bijian alami (wholegrains) lainnya, umbi-umbian dan sayuran. Pati olahan merupakan pati yang semula utuh, tetapi diolah lagi melalui suatu proses yang menyebabkan zat gizi alaminya rusak atau tidak utuh lagi.

Pati alami sekalipun sebaliknya hanya dikonsumsi secukupnya saja, mengingat kemampuan organ hati untuk menampung glikogen sangat terbatas, ekstra pati yang tidak terpakai akan diubah menjadi lemak dan disimpan di hati dan bagian-bagian tubuh yang lain. Pati alami sangat bermanfaat bagi penderita kelebihan berat badan dan diabetes, karena dengan porsi sedikit saja, seratnya cukup membuat rasa kenyang yang lebih lama dan membantu memperlambat penyerapan gula pada usus halus.

download (16)3. Protein

Protein dikenal juga sebagai zat pembangun berperan dalam pertumbuhan sel-sel baru, perbaikan jaringan tubuh dan pembentukan hormon, antibodi serta enzim manusia. Protein juga dapat menjadi perusak jika dikonsumsi berlebihan, di dalam tubuh, protein harus diuraikan terlebih dahulu menjadi komponen asam amino yang lebih mudah diserap tubuh. Pencernaan protein lebih lama dibandingkan pati, karena mengandung lemak lebih banyak dibandingkan pati.

Protein diklasifikasikan sebagai protein hewani dan protein nabati, selama ini protein hewani dianggap sebagai sumber protein paling penting bagi manusia karena mengandung asam amino paling lengkap dibandingkan sumber-sumber protein lainnya. Padahal asam amino juga mudah rusak dalam proses penyimpanan dan pemanasan. Asam amino pada protein nabati memang tidaak selengkap protein hewani tetapi kadar lemaknya rendah. Kelebihan protein tidak akan membentuk otot melainkan lemak, pembentukan otot hanya bisa dicapai melalui olahraga khusus yang dilakukan secara teratur.

download (15)4. Asam

Asam yang dimaksud adalah unsur asam pada makanan yang dapat mempengaruhi makanan lain jika dikombinasikan asam berasal dari asam alami, makan itu sendiri seperti pada buah segar tetapi ada juga asam hasil peragian seperti tapai, alcohol, anggur, dan yogurt. Derajat keasaman makanan juga tidak sama artinya dengan kandungan asam makanan. Derajat keasaman ditentukan oleh nilai pH-nya, sedangkan kandungan asam ditentukan oleh persentase volume dari kandungan unsur asam dalam makanan.

Semakin besar kandungan asamnya semakin rendah nilai pH-nya atau sebaliknya semakin kecil kandungan asamnya justru semakin tinggi nilai pH nya. Hampir semua jenis makanan asam masuk kedalam makanan pembentuk asam, kecuali buah dan yogurt polos tanpa gula dan perasa dikelompokan sebagai makanan pembentuk basa karena kandungan mineral logamnya lebih besar dibandingkan mineral bukan logamnya. 

5. Lemak

Tanpa lemak jutaan sampai miliaran sel tubuh tidak dapat berbentuk sempurna dan sistem tubuh tidak mampu mengatur keluar dan masuknya nutrisi, hormon, dan zat-zat penting lainnya. Lemak berfungsi sebagai gudang penyimpanan kelebihan kalori yang berasl dari protein dan hidrat arang. Selain juga membantu membawa asam lemak dan vitamin A, D, E dan K keseluruh tubuh; melindungi organ lunak seperti ginjal, hati, dan jantung, menjaga kelenturan kulit mengatur suhu tubuh dll.

images (37)Lemak cenderung memperpanjang proses pencernaan karena memperlambat pengeluaran asam lambung, itu sebabnya mengapa makanan berlemak menimbulkan rasa kenyang lebih lama. Asupan lemak yang tepat tidak dapat diukur dari jumlahnya saja, tetapi juga dari jenis lemak yang dikonsumsi. Lemak yang dianjurkan adalah lemak tak jenuh ganda yang asam lemaknya memang diperlukan tubuh manusia. Lemak yang tidak dianjurkan adalah lemak jenuh dan lemak trans.vns

Terus ikuti, artikel food combining di sehatku yang akan membahas berbagai macam cara-cara dan informasi rangkaian kandungan pada makanan dll agar badan tetap langsing dan sehat tanpa menyiksa.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s