Dampak Tidur Malam Terhadap Kesehatan Hati

images (49)

Sumber : Xavier Quentin Pranata

Seorang sahabat saya, Muzafar, pernah berkata kepada saya, “Pak Xavier, jika saya tidur kurang dari 6 jam, saya merasa pusing!” Ternyata apa yang dia katakana itu adalah sesuatu yang serius. Saya pernah membaca di internet bahwa tidur kurang dari 6 jam sehari tidak baik bagi kesehatan.

Ternyata tidur larut malam tidak baik juga untuk hati. Fungsi hati yang utama adalah sebagai filter dari berbagai racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Dalam dunia kedokteran, fungsi hati diukur dengan Index Pemeriksaan Fungsi Hati, yaitu GOT dan GPT. Penyebab utama kerusakan hati adalah kebiasaan tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang (selain penyebab lainnya).

Hal tersebut disebabkan secara alamiah tubuh kita melakukan netralisasi racun-racun di dalam tubuh secara berjadwal ketika kita tidur malam, yaitu :

  • Malam hari pukul 9-11 adalah pembuangan zat-zat tidak berguna/beracun (de-toxin) di bagian system antibody. Selama durasi waktu ini seharusnya dilalui dengan suasana tenang.
  • Dini hari pukul 11-1 adalah proses de-toxin di bagian hati, berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • images (50)Dini hari pukul 1-3 adalah proses de-toxin di bagian empedu, berlangsung dalam kondisi tidur pulas.
  • Dini hari pukul 3-5 adalah proses de-toxin di bagian paru-paru. Sebab itu akan terjadi batuk yang hebat bagi penderita batuk selama durasi waktu ini.
  • Pagi pukul 5-7 adalah proses de-toxin di bagian usus besar, harus buang air.
  • Pagi pukul 7-9 adalah waktu penyerapan gizi makanan bagi usus kecil, karena itu harus sarapan. Bagi orang yang sakit sebaiknya makan lebih pagi, yaitu sebelum pukul 6.30. Sarapan sebelum pukul 7.30 sangat baik bagi mereka yang ingin menjaga kesehatannya. Bahkan lebih baik terlambat sarapan hingga pukul 9-10 daripada tidak makan sama sekali.

Tidur terlalu malam dan bangun terlalu siang akan mengacaukan proses pembuangan zat-zat tidak berguna. Selain itu, dari tengah malam hingga pukul 4 pagi adalah waktu bagi sumsum tulang belakang untuk memproduksi darah.

About these ads

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s